who is your favorite Disney Princess ?

Monday, January 6, 2014

Perut buncit... no way !!

Tahun baru sudah berlalu, pesta sana-sini, makan melulu, perut jadi buncit, berat badan tambah 10 kilo, aduh gimana ya ? eiit jangan khawatir Sobat, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan dan mengatasi perut buncit. Bagaimana caranya ?

Pertama : olahraga 
Bangun lebih pagi dan lakukan jogging selama 30 menit. Selain mengurangi kelebihan lemak di perut, jogging juga bisa mengencangkan otot pinggul dan paha, lakukan secara rutin setiap hari maka bentuk tubuh bagian bawah kita akan menjadi lebih seksi. Ingin kaki yang panjang dan langsing ? jogginglah solusinya.

Olahraga lain seperti bersepeda, berenang, bermain tennis atau basket juga dianjurkan, hanya saja untuk kita yang selalu sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga, jogging adalah solusi yang murah, mudah dan cepat.

Kedua : makan secara teratur
Biasakan makan pagi, makan siang dan makan malam pada waktu-waktu yang sama setiap hari
misalnya makan pagi setiap jam 7 pagi, makan siang pada jam 12 siang dan makan malam pada jam 6 malam. Dengan membiasakan diri makan pada saat yang sama setiap hari, tubuh kita secara otomatis akan mengingat waktu-waktu tersebut, dan bila kita terlambat satu jam saja dari rutinitas tersebut, maka tubuh akan bereaksi dengan sendirinya, dan kita merasa lapar.
Ada istilah : makan pagi seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti orang miskin.
Artinya di pagi hari kita makan seperti raja, makan yang banyak sehingga tubuh kita memiliki energi berlimpah untuk melakukan aktivitas kita di kantor, di sekolah dan aktivitas lain selama sehari. Tubuh akan membakar semua kalori tersebut dan kita dapat berkonsentrasi penuh pada aktivitas kita di pagi hari tanpa terganggu rasa lapar atau keinginan untuk ngemil. Ingatlah bahwa ngemil tidak membuat kita kenyang hanya membuat kita semakin gemuk karena lemak dan gula.
Di siang hari kita makan seperti pangeran, artinya dengan porsi yang lebih kecil dari pada raja, asalkan tubuh memiliki cukup energi hingga sore hari saat kita pulang bekerja dan beristirahat di rumah.
Pada waktu malam, makanlah seperti orang miskin, jangan salah sangka, orang miskin di sini berarti kita makan sedikit dan berhentilah makan sebelum kenyang. Mengapa ? karena setelah makan malam biasanya kita bersantai sejenak sebelum tidur, tubuh tidak membutuhkan banyak kalori, bila kita makan terlalu banyak, kalori akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan lemak, umumnya diperut sehingga perut kita menjadi buncit dan lemak-lemak di bagian paha, perut dan lengan kita akan bertambah.
Formula makan pagi, siang dan malam tersebut hanyalah contoh belaka, bila kita bekerja pada malam hari dan tidur di siang hari, maka sesuaikan pola makan kita dengan energi yang dibutuhkan tubuh kita.

Ketiga : hindari snack (camilan)
Camilan, makanan kecil, hanya mengenyangkan kita secara sesaat, kandungan lemak dan gula didalamnya dapat membuat kita menjadi gemuk. Wanita yang memiliki bentuk muka tembam (chubby) sebaiknya menghindari gula dan garam berlebihan supaya wajah tidak menjadi tembam.

Keempat : minumlah air putih
Hindari minuman beralkohol dan soda, minumlah air putih saja. Bagaimana dengan jus buah ? Sebaiknya kita menghindari mengkonsumsi jus buah. Buah-buahan memang baik untuk tubuh kita, banyak vitamin dan menyehatkan, lebih baik kita mengkonsumsi potongan-potongan buah segar dari pada jus buah. Mengapa ? karena dalam jus buah sudah ditambahkan gula agar jus menjadi manis dan tahan lama.
Minumlah sedikitnya 8 gelas air putih setiap hari guna menjaga metabolisme tubuh kita.
2 gelas air putih saat bangun tidur, karena tubuh kita telah beristirahat sepanjang malam, 2 gelas air untuk melancarkan sirkulasi tubuh kita.
Minumlah segelas air sebelum makan, fungsinya untuk mencegah kita makan terlalu banyak, karena air yang kita minum telah mengisi sebagian rongga perut kita dan otomatis kita menjadi cepat kenyang dengan makan sedikit saja.
Minumlah segelas air sebelum mandi, fungsinya untuk mencegah kram perut pada saat kita mandi.

Selain keempat hal tersebut diatas, bila kita menginginkan perut yang rata, maka kita harus rajin melakukan sit up minimal 50x perhari. Postur tubuh saat duduk dan berdiri juga harus diperhatikan, duduklah secara tegak dan kempiskan perut, bayangkan seperti saat anda memakai korset, perut akan ditekan dan dipaksa untuk rata.

Lakukan pula secara demikian pada saat berdiri.
Wanita-wanita Perancis pada abad ke-16 juga memakai korset untuk menjaga bentuk tubuh mereka. Bila anda tidak suka memakai korset, maka perhatikan postur tubuh pada saat duduk dan berdiri, dengan latihan dan kebiasaan yang baik, maka perut akan menjadi rata.
Selain itu ada campuran minuman untuk detox membersihkan tubuh, terutama bagi kita yang suka mengkonsumsi alkohol. Bahan yang dibutuhkan :
2 liter air mineral
1 buah ketimun
1/2 buah lemon
1/2 buah jeruk nipis
12 helai daun mint
Cuci bersih bahan-bahan tersebut, potong menjadi irisan tipis dan rendam dalam air mineral selama semalam. Minumlah secara rutin untuk menghilangkan racun-racun berbahaya dalam tubuh kita.

Demikianlah Sobat, memiliki perut yang rata dan tubuh yang proporsional tidak sulit bukan ? yang kita butuhkan adalah motivasi dan disiplin untuk melakukan kebiasaan baik setiap hari. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba :)

Please click the g+  logo on the right side, please support & share, thank you for reading :)

No comments:

Post a Comment